Latest News
Thursday, November 27, 2014

Berita Teknologi Terkini : Mahasiswa ITS Ciptakan Buah Bakau Jadi Bahan Bakar Untuk Siasati Kenaikan BBM

Mahasiswa ITS





Adanya kenaikan harga bahan bakar saat ini, membuat masyarakat mencari adanya bahan bakar alternatif yang lebih murah. Tak mudah memang membuat suatu alternatif baru untuk bahan bakar, utamanya yang ramah lingkungan. Namun, masalah ini akhirnya terjawab oleh Sukron Nursalim, mahasiswa Jurusan Teknik Kimia ITS dan timnya yang berhasil membuat alternatif bahan bakar untuk perahu nelayan dengan memanfaatkan buah bakau.


Bahan bakar dari buah bakau ini mereka sebut Nyxil Biodiesel. Dikatakan Sukron, syarat tanaman untuk bisa menjadi bahan biodiesel adalah bukan tanaman pokok pangan, tidak menggunakan lahan tanaman pangan dan ramah lingkungan. Akhirnya, mereka pun memilih buah bakau untuk dikonversi menjadi biodiesel. Tak ayal, dari hasil pemikiran yang sangat inovatif tersebut, mereka pun berhasil meraih juara dua dalam Marine Innovation Technology Competition (MITC) 2014 beberapa waktu lalu.

“Daging buah bakau diperkirakan memiliki kandungan minyak sebesar 40 persen. Minyak ini kaya akan asam lemak berantai sedang (C8 – C14, red), khususnya asam laurat dan asam meristat, Sehingga minyak ini dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan biodiesel,” katanya kepada wartawan, Rabu (26/11/14) di Kampus ITS.

Ia menjelaskan, untuk proses pembuatannya bahwa buah bakau awalnya harus dimatangkan terlebih dahulu. Proses pematangan ini membutuhkan waktu hingga tiga bulan. Lalu, buah bakau tersebut diekstrak dan dipisah dari pelarutnya. Terakhir, hasilnya diesterifikasi in-situ dan didistilasi sehingga menjadi biodiesel.
Sukron mengaku, ide tersebut bermula ketika ia sedang melakukan sebuah penelitian mengenai bakau bersama salah satu seniornya. Saat itu mereka menemukan bahwa ternyata buah bakau memiliki beberapa kandungan yang sama seperti kandungan bahan bakar. “Dari situlah saya memulai penelitian ini dan kami ajukan dalam MITC,” akunya.

“Terdapat beberapa kelebihan dari alternatif bahan bakar temuan mahasiswa asal Kebumen ini. Di antaranya adalah memiliki nilai ekonomis yang rendah dan bahan bakunya mudah didapatkan. Kedua aspek itulah yang menjadi daya jual Nyxil Biodiesel ini sehingga berhasil menjuarai MITC.”ujarnya.

Meski baru tahap penelitian laboratorium, Sukron dan timnya optimis untuk bisa mengembangkan ide tersebut hingga benar-benar terealisasi. Untuk itulah, mereka berencana mengikutkan hasil penelitian ini ke Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). “Semoga nantinya penelitian kami bisa didanai pemerintah agar bisa terus berkembang,” harapnya.

“Kami sangat berharap temuannya ini bisa benar-benar diterapkan dalam kehidupan masyarakat pesisir. Pasalnya, mereka ingin meminimalisasi ketergantungan masyarakat pesisir terhadap bahan bakar fosil. Dengan begitu, nantinya kita juga bisa menghemat cadangan minyak bumi dunia yang kian menipis. Ini adalah solusi kami dalam menghadapi krisis energi saat ini,” ungkapnya.

Kutipan Dari :  Kabarjatim.com



thumbnail Title: Berita Teknologi Terkini : Mahasiswa ITS Ciptakan Buah Bakau Jadi Bahan Bakar Untuk Siasati Kenaikan BBM
Posted by:Unknown
Published :2014-11-27T20:08:00+07:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews
Berita Teknologi Terkini : Mahasiswa ITS Ciptakan Buah Bakau Jadi Bahan Bakar Untuk Siasati Kenaikan BBM
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Berita Teknologi Terkini : Mahasiswa ITS Ciptakan Buah Bakau Jadi Bahan Bakar Untuk Siasati Kenaikan BBM Rating: 5 Reviewed By: Unknown