Latest News
Wednesday, November 19, 2014

Perbedaan Reaksi Publik Saat Jokowi Naikkan BBM Dibanding SBY Naikkan BBM

Perbedaan Reaksi Publik Saat Jokowi Naikkan BBM Dibanding SBY Naikkan BBM
Pengamat politik dari IndoStrategi Andar Nubowo mengungkapkan perbedaan signifikan reaksi publik antara era kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono dan era kepemimpinan Joko Widodo ketika menaikan harga BBM. Menurut dia, reaksi publik sekarang tidak semasif reaksi ketika era SBY menaikkan harga BBM.

"Memang ada perbedaan signifikan reaksi publik antara era SBY dan era Jokowi. Perbedaannya terletak pada trust publik, yakni tingkat kepercayaan publik pada pemerintah," ujar Andar di Jakarta pada Selasa (18/11).

Dia mengungkapkan saat SBY menaikkan harga BBM, tingkat kepercayaan publik pada SBY cukup rendah. Apalagi, berbagai persoalan yang terkait penyaluran kompensasi BBM seperti Balsem yg konsumtif, tidak tepat sasaran dan politis (terkait pemilu dan pilpres)

"Diperparah dengan strategi komunikasi masa SBY yang tidak komunikatif dan tidak membangun kepercayaan publik. Inilah mengapa setiap kebijakan SBY itu mendapat reaksi negatif dari rakyat," katanya.

Terkait popularitas Jokowi, menurut Andar, hanya turun sedikit. Jokowi, katanya masih akan dan bahkan akan menambah popularitas dan tingkat kepercayaan publik.

"Sedangkan kedua adalah komunikasi massa Jokowi yang mampu meyakinkan publik tentang pentingnya pencabutan subsisi BBM dan kompensasi BBM untuk kesejahteraan rakyat seperti pendidikan, kesehatan dan pembangunan infrastruktur. Rakyat memahami bahasa Jokowi yang lugas tentang beban negara akibat subsidi BBM," jelasnya.

"Apalagi jika dana kompensasinya benar-benar untuk kesejahteraan rakyat," pungkasnya


sumber : berita satu







thumbnail Title: Perbedaan Reaksi Publik Saat Jokowi Naikkan BBM Dibanding SBY Naikkan BBM
Posted by:Unknown
Published :2014-11-19T09:06:00+07:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews
Perbedaan Reaksi Publik Saat Jokowi Naikkan BBM Dibanding SBY Naikkan BBM
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Perbedaan Reaksi Publik Saat Jokowi Naikkan BBM Dibanding SBY Naikkan BBM Rating: 5 Reviewed By: Unknown