Latest News
Tuesday, November 25, 2014

Mengenal Kepercayaan Asli Suku Dayak yang Sebenarnya

Mengenal Kepercayaan Asli Suku Dayak yang Sebenarnya


Tidak hanya suku dayak saja, ketika berbicara suku-suku di Indonesia, pasti banyak yang ingin mengetahui kepercayaan yang di anut oleh suku tersebut. Walau bentuk dan caranya sama namun penamaannya yang berbeda atau mungkin juga penamaannya sama namun bentuk dan caranya yang berbeda. Mungkin hal ituah yang menjadi dasar mengapa keinginan tahu untuk menelisik sistem kepercayaan atau agama yang di anut oleh suku-suku yang ada di Indonesia.

Kepercayaan Asli Suku Dayak

Kepercayaan asli suku dayak saat ini sering di kenal dengan istilah agama adat dayak. Menurut pengetahuan penulis dan menurut tutur cerita keluarga penulis yaitu kakak dari nenek saya, kepercayaan asli adalah "kaharingan" karena kebetulan kakak nenek saya merupakan penganut kaharingan. kaharingan merupakan sebuah kepercayaan dari nenek moyang yang turun-temurun di anut oleh keturunan dayak asli pada umumnya, namun seiring perkembangan era modernisasi kepercayaan ini mulai di tinggalkan oleh sebagian besar suku dayak, terlebih mereka yang terlahir di dunia era modern. Pada umumnya kepercayaan ini adalah kepercayaan yang tidak ada di pengaruhi oleh unsur luar.

Seperti yang di kutip dalam banuadayak.blogspot.com, suku dayak juga memiliki keyakinan tentang wujud tertinggi dimana segala kekuatan yang ada di dunia ini berasal dari Yang Esa. Wujud tertinggi itu merpuakan Wujud yang menguasai manusia, dewa, roh halus, dan roh leluhur. Dewa dan roh halus diberi tugas untuk menjaga dan menguasai suatu tempat tertentu dalam dunia ini, sehingga untuk mewujudkan keyakinan tersebut, orang Dayak senantiasa melakukan hubungan religius dengan Jubata, roh leluhur, dan roh halus yang banyak memberikan pertolongan dalam kehidupan mereka. 

Kepercayaan Dayak Saat Ini

Bagaimana dengan  kepercayaan suku dayak saat ini ? itulah yang menjadi poin utama ketika salah satu member bertanya kepada saya. Untuk saat ini, kepercayaan asli dayak masih tetap di anut oleh sebagian suku dayak yang ada di pulau kalimantan, namun kepercayan itu di anut oleh tidak banyak masyarakat di bandingkan dengan kebanyakan yang di anut saat ini. Masyrakat dayak modern saat ini lebih memilih untuk menganut kepercayaan atau agama yang di akui oleh negara. Termasuk penulis sendiri merupakan seorang yang beragama Kristen Protestan. 

Itulah yang bisa saya ulas dalam blog ini, semoga dengan tulisan ini dapat memberikan pengetahuan kepada masyarakat pada umunya mengenai kepercayaan masyarakat suku dayak.






thumbnail Title: Mengenal Kepercayaan Asli Suku Dayak yang Sebenarnya
Posted by:Unknown
Published :2014-11-25T23:35:00+07:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews
Mengenal Kepercayaan Asli Suku Dayak yang Sebenarnya
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Item Reviewed: Mengenal Kepercayaan Asli Suku Dayak yang Sebenarnya Rating: 5 Reviewed By: Unknown