Latest News
Saturday, November 22, 2014

Kisah Lurah Cantik nan Kreatif dan Inspiratif Yang Layak Di Tiru Lurah Lurah di Kabupaten Ngawi

Lurah Cantik nan Kreatif dan Inspiratif
Lurah Cantik Ratna Rahayu Pitriaty






Pada saat ini kota Bandung sedang dihebohkan oleh seorang Ratna Rahayu Pitriaty, Lurah Sadang Serang, Bandung yang menjadi sorotan media karena disamping secara fisik cantik rupawan, juga murah senyum dan kreatif dalam menjalankan tugasnya.


Ratna, adalah lulusan STPDN 2000, yang memulai karier dari salah satu pekerja magang di Badan Kepegawaian Daerah (BKD), dan mulai menjabat sebagai lurah sejak tahun 2013, mengaku senang karena daerah yang dipimpinnya diusung sebagai wilayah percontohan. Tak hanya itu dibawah kepemimpinannya pula PKK Kelurahan Sadang Serang meraih gelar Juara dalam Lomba Aksetor KB.



Langkah pertama yang dilakukan sebagai Lurah adalah menghapus kesan aparat Negara yang kerap sembrono dan merubahnya menjadi standar perbankan. Reformasi yang diinginkan Ridwan Kamil tidak akan jalan jika warganya saja komplain karena kelakuan aparatnya. “Saya enggak mau dengar warga komplain karena kelakuan aparat yang tidak baik, apalagi sampai dongkol”, ujar Ratna. Rabu (27/8).



Ratna sendiri merasa bingung mendapat julukan “Lurah Cantik”, karena tidak pernah pake baju mahal, namun tetap berupaya tampil sempurna, yang penting rapi, enak dipandang dan harum.



Gebrakan yang inspiratif yang dilakukan Ratna, adalah ketika dia menerapkan pelayanan yang nyaman bagi warga yang berurusan dengan kelurahan seperti pelayanan Bank kepada nasabahnya, misalnya menyediakan minuman mineral (sesekali kopi dan teh), permen, kripik-kripik gratis bagi warga yang datang ke kantor kelurahan. Ruangan kelurahan pun dirombak dengan desain bak di kantor perbankan, dan semua karyawan dilatih untuk menjadi seorang customer care yang handal.



Kreativitas yang paling fenomenal dan brilian yang sangat dibanggakan Ratna, adalah penerapan E-Kelurahan yang menggunakan fasilitas berbasis Internet untuk semua urusan pembuatan dokumen di Kelurahan. “Hal ini yang bisa diadopsi oleh kelurahan-kelurahan lain di Indonesia”, ujarnya. E-Kelurahan ini bisa terlaksana sebagai realisasi dari MOU Walikota Bandung dan Telkom.



Dengan prestasi yang kinclong seperti itu, Ratna masih merendah dan mengaku masih memiliki sejumlah pekerjaan rumah yang harus dikerjakannya, antara lain : revitalisai dan mempercantik kawasan kumuh diwilayahnya.



Sebagai warga ngawi, saya turut bangga karena di indonesia memiliki Walikota Hebat dan didukung pula oleh seorang Lurah Cantik yang tidak kalah hebat. Semoga saja ini bisa menginspirasi para pemimpin birokrat lainnya untuk melakukan hal yang sama bahkan lebih baik lagi. terutama di kabupaten ngawi ,karena lurah itukan kepanjangan tangan pemerintah di lavel paling bawah,, he he bener kan ?  Semoga saja!







thumbnail Title: Kisah Lurah Cantik nan Kreatif dan Inspiratif Yang Layak Di Tiru Lurah Lurah di Kabupaten Ngawi
Posted by:Unknown
Published :2014-11-22T01:37:00+07:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews
Kisah Lurah Cantik nan Kreatif dan Inspiratif Yang Layak Di Tiru Lurah Lurah di Kabupaten Ngawi
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Kisah Lurah Cantik nan Kreatif dan Inspiratif Yang Layak Di Tiru Lurah Lurah di Kabupaten Ngawi Rating: 5 Reviewed By: Unknown